Minggu, 10 November 2013

0

kesamaan sosial dan persamaan derajat

  • Minggu, 10 November 2013
  • mbohtampan@blogspot.com
  • Share
  • MUHAMAD RIFKI
    55413763
    1IA01


    kesamaan sosial bisa dikategorikan sebagai sebuah urutan atau tingkatan , sedangkan persamaan derajat, sama seperti pelapisan sosial tetapi persamaan derajat ialah sesuatu yang bisa dikatakan memiliki status, tingkatan yang sama dalam lingkungan atau daerahnya.

    KESAMAAN SOSIAL





    Masyarakat Terbentuk dari individu - individu. Individu - individu yang terdiri dari berbagai latar belakang tertentu akan membentuk suatu masyarakat heterogen yang terdiri dari kelompok - kelompok sosial. Dengan adanya atau terjadinya kelompok sosial ini maka terbentuklah suatu pelapisan masyarakat.

    Masyarakat merupakan suatu kesatuan yang didasarkan ikatan - ikatan yang sudah teratur dan boleh dikatakan stabil sehubungan dengan ini, maka dengan sendirinya masyarakat merupakan suatu kesatuab yang dalam pembentukannya mempunyai gejala yang sama.

    Masyarkat tidak dapat dibayangkan tanpa individu, seperti juga individu tidak dapat dibayangkan tanpa adanya masyarakat

    Individu dan masyarakat adalah komplementer dapat dilihat dari kenyataan bahwa :
    1. Manusia dipengaruhi oleh masyarakat demi pembentukan pribadinya.
    2. Individu mempengaruhi masyarakat dan bahkan bisa menyebabkan (berdasarkan pengaruhnya) perubahan besar masyarakat
    contoh kesamaan sosial ( presiden megawati bisa menjadi seorang presiden)  Kesetaraan gender bias diartikan dengan kesamaan kesempatan antara pria dan wanita diberbagai bidang , banyaknya ketimpangan yang dirasakan bias keluar dari bentuknya dengan sosialisasi bahwa dalam mengenai hak perempuan mempunyai posisi yang sama dengan laki-laki meskipun tidak melupakan kodrat dan kewajibannya sebagai perempuan.



    Persamaan  Derajat 

    Persamaan derajat adalah sifat perhubungan antara manusia dengan lingkungan masyarakat umumnya timbal balik artinya orang sebagai anggota masyarakat mempunyai hak dan kewajiban, baik terhadap masyarakat maupun terhadap pemerintah negara.

    persamaan derajat terkadang membuat orang berwibawa dan sangat disegani di sekitar lingkungannya, tetapi ada juga dari mereka yang ingin sama dengan apa yang orang lain rasakan. Karena mereka tak ingin diberlakukan tak adil terhadap semua yang akan dilakukan atau dilaksanakan oleh orang itu.



    contoh persamaan derajat
    1.      Pemerataan lapangan pekerjaan dan pembangunan disetiap daerah sehingga tidak terpusat dikota besar saja.
    2.      Pengadaan pelatihan-pelatihan dibidang-bidang spesifik. Tujuannya untuk meningkatkan skill individu disetiap daerah agar dapat menciptakan pekerjaan sendiri.
    d.  Derajat seseorang dengan yang lainnya sama di mata ALLAH SWT hanya ketaqwaan yang membedakannya



          sumber :
       http://sorayaaya.blogspot.com
        

       

    0 Responses to “kesamaan sosial dan persamaan derajat”

    Posting Komentar

    Subscribe