Senin, 29 Mei 2017

0

Pengertian dan Sejarah Komputasi Modern

  • Senin, 29 Mei 2017
  • mbohtampan@blogspot.com
  • Share
  • Pengertian Komputasi Modern

    Komputasi dapat diartikan sebagai cara untuk menemukan penyelesaian masalah dengan suatu algoritma. Maka Komputasi Modern dapat diartikan sebagai cara untuk menemukan penyelesaian masalah dari input dengan suatu algoritma dengan menggunakan media yang modern sekarang ini. Pada umumnya komputasi dapat diselesaikan dengan menggunakan media tulis seperti pena dan kertas atau kapur dan papan tulis, namun sekarang komputasi dapat dilakukan dengan menggunakan media komputer agar penemuan penyelesaian dapat ditemukan dengan cepat dan tepat, dan inilah yang dimaksud dengan komputasdi modern.

    Penemu algoritma dan mesin turing adalah Alan Turing pada tahun 1936, yang dimana algoritma ini adalah dasar dari perhitungan komputasi modern yang dipakai sekarang ini. Lalu pada 1937 George Stibitz menemukan cara untuk melakukan perhitungan secara aritmatika dengan membangun relay berbasis kalkulator, kemudian dalam perkembangan komputer akhirnya pada tahun 1941 komputer pertama diciptakan oleh Konrad Zuse.

    dengan berbagai penemuan yang ada sekarang maka komputasi modern dapat melakukan proses sebagai berikut:

    • Akurasi (big, Floating point)
    • Kecepatan (dalam satuan Hz)
    • Problem Volume Besar (Down Sizzing atau pararel)
    • Modeling (NN & GA)
    • Kompleksitas (Menggunakan Teori big O)

    Sejarah Komputasi Modern 

    Komputasi modern ini pertama kalinya digagaskan oleh seorang ilmuan yang bernama John Von Neumann (1903-1957). Dialah orang yang pertama kali menggagaskan konsep sebuah sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori. Konsep inilah yang menjadi dasar arsitektur komputer modern. John Von Neumann memberikan berbagai sumbangsihnya dengan cara meningkatkan karya– karyanya dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer. Selain itu, Von Neumann juga merupakan seorang ilmuan yang sangat berperan penting dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II silam. Dan berkat kepiawaian Neumann di bidang teori game inilah ia bisa melahirkan konsep automata, teknologi bom atom dan komputasi modern yang akhirnya melahirkan sebuah computer.

    Sebenarnya kata “komputer” tersebut pertama kali dipergunakan secara umum pada tahun 1613. Arti kata komputer itu sendiri mengacu kepada perhitungan aritmatika dan kata tersebut masih dipergunakan hingga pertengahan abad ke-20. Dan seiring dengan perkembangan jaman dari akhir abad ke-19 hingga seterusnya, “computer” menjadi berubah makna jadi sebuah mesin yang melakukan komputasi. Kemudian sekitar tahun 1920an, kata “mesin komputasi” mulai dikenal. Setiap mesin yang dapat membantu melakukan pekerjaan manusia seperti menghitung dengan metode yang efektif, disebut dengan mesin komputasi. Pada tahun 1940-1950 dengan munculnya mesin komputasi elektronik kata “mesin komputasi” mulai berubah menjadi “komputer” yang biasanya diawali dengan “elektronik” atau “digital”.


    sumber:


    0 Responses to “Pengertian dan Sejarah Komputasi Modern”

    Posting Komentar

    Subscribe